Sunday, September 1, 2013

Sabar, Akhlak Tuhan

Sabar ialah sikap yang sangat disenangi oleh Allah swt. Dengan bersabar manusia diajarkan untuk selalu kembali kepada Allah swt. Sabar merupakan Akhlak Tuhan yang bisa dimiliki oleh manusia, sehingga dengan kesabaran pula lah manusia dapat memperoleh tempat di sisi Tuhan.

Allah swt mewahyukan kepada Nabi Daud as, "Wahai Daud, jadikanlah akhlakmu seperti akhlak-Ku. Dan diantara akhlak-Ku ialah sabar. Pabila orang yang sabar meninggal di atas kesabaran, maka dia mati syahid. Dan pabila dia tidak meninggal dunia, maka ia akan hidup bahagia."


Sehubungan dengan Nabi Ayyub as, Allah berfirman:

Sesungghunya Kami mendapatinya bersabar (atas musibah yang menimpanya). Sungguh ia adalah sebaik-baik hamba dan senantiasa tertuju pada Kami.
Dalam riwayat disebutkan bahwa, ketika penyakit menyerang Nabi Ayyub as, istrinya berkata kepada beliau, "Doa nabi-nabi Allah pasti terkabul. Mengapa Anda tidak berdoa kepada Allah untuk menghilangkan semua derita ini?"

Nabi Ayyub as berkata, "Sesungguhnya Allah telah menjadikan kita tenggelam dalam kenikmatan-Nya selama 70 tahun. Sekarang kita harus bersabar dari menghadapi cobaan dari-Nya selama itu pula."

No comments:

Post a Comment

Daftar Isi