Sunday, July 21, 2013

Kisah Hasan Bin Ali dan Orang Badui

Sayidina Hassan bin Ali Ra, adalah seorang tokoh Islam yang sangat dicintai oleh umat Islam. 

Sebagai seorang cucu Rasulullah SAW, beliau adalah ibarat permata di zaman hidupnya karena memiliki budi pekerti yang mulia dan terpuji.

Pada suatu hari sedang Sayidina Hassan bin Ali duduk di muka pintu rumahnya, tiba-tiba datang seorang pemuda dari kaum badui, lalu mencacinya dan juga kedua ibu bapanya. 

Anehnya, Sayidina Hassan bin Ali hanya mendengar saja tanpa sedikit pun berubah air mukanya, atau membalas kata-katanya itu. Sayidina Hassan berkata kepada orang itu: 

"Wahai badui, adakah engkau lapar atau dahaga? atau adakah sesuatu yang merisaukan hati engkau?" Namun tanpa mempedulikan kata-kata Sayidina Hassan bin Ali, badui itu terus memaki.

Saat itu Sayidina Hassan bin Ali pun lalu menyuruh pembantu rumahnya membawa kotak yang berisi uang perak lantas diberikannya kepada badui itu sembari berkata: 

"Wahai badui, maafkanlah saya. Ini saja yang saya miliki. Jika ada yang lebih tidak akan saya sembunyikannya darimu."

Sikap dan layanan Sayidina Hassan bin Ali itu akhirnya berhasil melembutkan hati badui tersebut. Badui itu menangis terisak-isak lantas sujud di kaki Saiyidina Hassan dan berkata: 

"Wahai cucu baginda Rasulullah SAW, maafkanlah aku karena berlaku kasar terhadapmu. Sebenarnya aku sengaja melakukan ini untuk menguji kebaikan budi pekertimu sebagai cucu baginda Rasulullah SAW yang aku kasihi. Sekarang yakinlah aku bahwa engkau mempunyai budi pekerti yang mulia sekali."

No comments:

Post a Comment

Daftar Isi