Sunday, August 25, 2013

Kisah Abdullah bin Salam dan Rasulullah saw

Tatkala Abdullah bin Salam mendengar kedatangan Rasulullah saw di Madinah, punggawa komunitas Yahudi ini berada di perkebunan kurmanya sedang memanen kurma. Lalu, dia mendatangi Rasulullah saw seraya berujar,

“Aku ingin bertanya kepada perihal tiga perkara dan hanya seorang Nabi yang bisa menjawab pertanyaan berikut ini. Pertama, apa tanda-tanda pertama akan terjadinya hari kiamat? Kedua, apa menu makanan yang pertama kali disantap oleh para penghuni surga? Ketiga, bagaimana rupa wajah seorang bayi? Adakah mirip ayahnya atau ibunya?”

Rasulullah saw menjawab, “Jibril belum lama memberitahu aku semua hal tersebut”

Abdullah bin Salam bertanya menegaskan,“Jibril?”

Rasulullah saw menjawab tegas, “Iya, betul. Jibril.”

Abdullah bin Salam berkata, “Jibril adalah malaikat yang paling dimusuhi orang-orang Yahudi”

Kisah Abdullah bin Salam dan Rasulullah saw
Rasulullah saw kemudian menjelaskan tentang tanda-tanda hari kiamat. “ Tanda-tanda pertama akan terjadi hari kiamat adalah api yang menghimpun seluruh manusia dari timur hingga barat, sedangkan makanan yang kali pertama dimakan penghuni surga adalah seketul daging pada hati ikan paus. Adapun rupa wajah bayi, jika sperma laki-laki dahulu masuk daripada sperma prempuan, lahirlah anak laki-laki dan jika sperma wanita lebih dahulu masuk daripada sperma laki-laki, membentuk anak wanita”

Usai mendengar jawaban tersebut, Abdullah bin Salam berikrar, “Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah melainkan Allah dan saya bersaksi bahwa engkau adalah utusan Allah”

Dia lalu berujar, “Wahai utusan Allah, sesunggunya orang-orang Yahudi adalah orang-orang yang susah dipegang ucapannya. Jika mereka mengetahui keislamanku sebelum engkau bertanya kepada mereka, pasti mereka tidak memercayaiku”

Tidak lama kemudian, datanglah orang-orang Yahudi kepada Rasulullah saw. Rasulullah bertanya kepada mereka tentang seperti apa kedudukan Abdullah bin Salam di kalangan mereka.

Mereka menjawab, “Abdullah bin Salam adalah orang terbaik yang kami miliki dan anak terbaik yang kami miliki. Dia adalah tokoh kami dan anak tokoh kami”

Rasulullah saw berkata, “Apa pendapat kalian sekiranya Abdullah bin Salam memeluk islam?”

Mereka menjawab, “Semoga Allah menjauhkannya dari masuk islam”

Sesaat kemudian Abdullah bin Salam keluar dan berkata, “Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah. Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah.”

Orang-orang Yahudi lantas berkata sinis, “kau adalah orang yang paling jelek yang kami miliki dan anak orang yang paling jelek yang kami miliki”

Sejak saat itu, mereka (Yahudi Madinah) memusuhi Abdullah bin Salam.

No comments:

Post a Comment

Daftar Isi